Oleh: subagjo | Januari 20, 2010

Trik Mencari Info di Internet

Salah satu kelebihan internet, adalah merupakan sumber belajar. Namun demikian bagi yang belum sering surfing di Internet akan terasa, ternyata tidak mudah untuk mencari ilmu di Internet. Seringkali pada saat surfing justru tenggelam dalam lautan informasi; terlalu enak membaca-baca tanpa tujuan yang jelas; melihat-lihat berbagai etalase informasi di berbagai situs tanpa tujuan yang jelas. Akhirnya tersesat entah berada di mana, bahkan yang dicari malah tidak keteemu. Memang pada akhirnya kita akan memperoleh banyak informasi tapi belum tentu memperoleh informasi yang betul-betul bermanfaat. Biasanya hanya sekedar memperoleh berita-berita/informasi pengganti koran saja.

Dengan waktu yang kadang-kadang sempit tidak mungkin menggunakan pola-pola di atas untuk melakukan penjelajahan di Internet secar efisien. Oleh karenanya diperlukan cara yang baik supaya bisa memperoleh informasi yang sangat spesifik dengan baik dalam waktu yang singkat. Satu hal yang perlu diingat bahwa pada saat kita surfing di dunia maya itu adalah menentukan dengan sangat jelas tujuan apa yang akan kita cari?

Inilah beberapa tip & trik bagaimana mencari informasi di Internet. Agar kita dapat menghemat pulsa paling baik adalah surfing pada pagi hari. Jika mungkin sekitar pukul 4-8 pagi. Karena saat itu belum banyak orang yang menggunakan Internet sehingga pengambilan informasi ( download) dari Internet dapat dilakukan lebih cepat. Ibarat kran air masih sedikit penggunanya.

Teknik-teknik untuk melakukan browsing yang kita gunakan seperti menggunakan Internet Explorer, ada baiknya di kuasai lebih dahulu agar supaya tidak menghabiskan waktu maupun pulsa. Pembacaan informasi dilakukan sepintas saja, segera saja informasi tersebut didownload dulu semua informasi tersebut ke PC yang kita gunakan. Membaca-nya dilakukan kemudian ketika PC sudah off-line pada saat telepon kita putuskan. Sehingga tidak boros pulsa. Sangat penting untuk menghemat waktu dalam mendownload berbagai informasi setelah situs-nya di temukan. Untuk mencapai situs / informasi yang tepat trik yang harus digunakan sebetulnya tidak terlalu rumit. Cara yang paling tepat adalah:

• Penggunaan search engine di Internet.

• Penggunaan keyword yang benar.

Jika kedua hal tersebut dilakukan dengan baik, maka akan diperoleh informasi yang diperlukan. Ada beberapa search engine atau mesin pencari di Internet. Search engine hanyalah memuat daftar alamat situs berbentuk URL (Universal Resource Locator) dan subjek yang di bawa situs tersebut saja. Ingat, Search engine belum membawa informasi itu sendiri. Beberapa search engine yang terkenal diantaranya:

http://google.com

http://www.yahoo.com

Selanjutnya adalah penggunaan keyword yang tepat. Keyword adalah kata phrase yang di ketikan ke dalam kolom yang kosong di search engine. Berikut informasi tentang keyword :

• FAQ

• Whitepaper

FAQ adalah Frequently Asked Questions (FAQ). Sesuai namanya FAQ akan memuat berbagai jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan dalam sebuah bidang. Saya biasanya menggunakan FAQ sebagai awal dalam mencari berbagai informasi / pengetahuan yang saya butuhkan. Whitepaper adalah istilah bagi berbagai ilmu / informasi yang memang di sebarkan secara gratis / cuma-cuma di Internet. Kita cukup menambahkan beberapa keyword tambahan yang menjelaskan tentang ilmu / informasi yang spesifik yang kita cari, contoh :

• Faq gardening

• Whitepaper telecommunication

• Faq distance learning

Dengan menggunakan rangkaian keyword tersebut hampir di jamin anda akan memperoleh informasi / pengetahuan yang anda cari. Tentunya karena kita menggunakan internet maka informasi / pengetahuan yang terbanyak umumnya mengunakan bahasa inggris – konsekuensi-nya keyword yang digunakan sebaiknya dalam bahasa inggris agar kemungkinan memperoleh ilmu yang di cari dapat maksimal. Selamat mencoba.

___________

Sumber:  Onno W Purbo, Trik sederhana mencari ilmu di Internet

Baca juga :

Himpunan Regulasi Pendidikan
Mengonlinekan Info Pendidikan
Mengenal PTK
Desain Multi Media Pembelajaran
Sudahkah Anda Mempunyai NUPTK
Mengenali Kecerdasan Anak
Pengaruh buruk televisi
TI di SekolahMembedah Pendidikan Kita


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: