Oleh: subagjo | Mei 5, 2009

Belajar dengan Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedi yang dilaunching mulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia.  Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Wikipedia merupakan produk dari Wikimedia Foundation, Inc. yang juga telah membuat keseluruhan keluarga situs Wikipedia, antara lain Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks dan Wikinews. Di Wikipedia dan proyeknya yang lain, tentu saja Anda diharapkan juga menyunting, dan turut menyumbangkan pengetahuan di bidang yang Anda minati.

Wikipedia digagas mulai pada15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales, Larry Sanger, dan beberapa kolaborator antusias bahasa Inggris. Kini ada 13.000 kontributor aktif yang mengerjakan 7.000.000 artikel dalam lebih dari 250 bahasa. Saat ini terdapat 101.416 artikel dalam Bahasa Indonesia; setiap harinya ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia membuat puluhan ribu suntingan dan membuat ribuan artikel baru di Wikipedia berbahasa Inggris.

Wikimedia Foundation dengan Wikipedianya disediakan gratis oleh sebuah organisasi nirlaba,Wiki juga mengendalikan beberapa proyek multibahasa. Semua teks dalam Wikipedia, serta kebanyakan gambar serta isi lainnya, dilindung oleh GFDL. Kontribusi tetap merupakan hak dari pembuatnya, sementara izin GFDL memastikan isinya akan tetap dapat didistribusikan secara gratis dan memungkinkan untuk direproduksi (lihat deklarasi hak cipta dan penyangkalan isi untuk informasi lebih lanjut).

Dengan klik www.wikipedia.com kita berhadapan dengan sebuah sumber belajar besar yang patut diketahui juga oleh anak-anak kita. Oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya ensiklopedi Wikipedia ini untuk belajar. Semoga bermanfaat.

 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: