Oleh: subagjo | Juni 4, 2008

Tahukah Anda

Minum kopi
Menambah tenaga sekaligus penghilang tenaga

Minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan kelelahan yang luar biasa. Kafein seperti halnya gula yang kental, merupakan pemicu stres yang kuat. Koi mendorong pankreas memproduksi lebih banyak insulin. Jika anda minum kopi secara teratur, pankreas anda akan sangat bahagia sehingga jumlah insulin yang diproduksi juga akan melimpah sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini akan menyebabkan hypoglycaemia dan kelelahan yang luar biasa yang kemudian diikuti oleh timbulnya stres sehingga seperti lingkaran yang itu akan membuat kita cenderung menjadi ingin minum lebih banyak kopi lagi ( ketagihan )

Jus sayur

Pengganti teh atau kopi yang paling ideal adalah jus sayur, karena akan memberikan energi yang sama seperti yang diberikan teh atau kopi, jus sayur tidak membuat tubuh terasa lemas setelah kita meminumnya. Jika anda mempunyai alat pembuat jus dirumah, maka anda bisa membuat jus sayur atau jus buah sendiri yang lezat dan segar. Kombnasikan juga wortel dan apel dengan perbandingan 6 : 4 untuk menghasilkan minuman yang segar. Atau anda bisa juga mencampurkan ketimun seledri dan bayam ( jangan menambahkan kentang dalam jus anda ) pada jus wortel karena akan mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Anda bisa menuangkan jus buah anda yang ditambah es, dalam wadah termos untuk anda bawa ketempat kerja atau kantor. Jika anda tidak memiliki alat pembuat jus anda dapat membeli sayur yang telah diproses dbawah temperatur rendah yang banyak tersedia di toko-toko makanan sehat.

 

Makanan dan minuman

 

Kenton Leslie,2003 , Rencana 10 Hari Anti Stres, Strategi Cerdas Mengatasi dan Memanfaatkan Stres untuk Meraih Kehidupan yang Bahagia (Terjemah- Rekha Trimaryoan), Penerbit Prestasi Pustaka, Jakarta

 

Satu

 

Minum kopi

Menambah tenaga sekaligus penghilang tenaga

 

Minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan kelelahan yang luar biasa. Kafein seperti halnya gula yang kental, merupakan pemicu stres yang kuat. Koi mendorong pankreas memproduksi  lebih banyak insulin. Jika anda minum kopi secara teratur, pankreas anda akan sangat bahagia sehingga jumlah insulin yang diproduksi juga akan melimpah sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini akan menyebabkan hypoglycaemia dan kelelahan yang luar biasa yang kemudian diikuti oleh timbulnya stres sehingga seperti lingkaran yang itu akan membuat kita cenderung menjadi ingin minum lebih banyak kopi lagi ( ketagihan )

 

 

Dua

Jus sayur

 

Pengganti teh atau kopi yang paling ideal adalah jus sayur, karena akan memberikan energi yang sama seperti yang diberikan teh atau kopi, jus sayur tidak membuat  tubuh terasa lemas setelah kita meminumnya. Jika anda mempunyai alat pembuat jus dirumah, maka anda bisa membuat jus sayur atau jus buah sendiri yang lezat dan segar. Kombnasikan juga wortel dan apel dengan perbandingan 6 : 4 untuk menghasilkan  minuman yang segar. Atau anda bisa juga mencampurkan ketimun seledri dan bayam ( jangan menambahkan kentang dalam jus anda )  pada jus wortel karena akan mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Anda bisa menuangkan jus buah anda yang ditambah es, dalam wadah termos untuk anda bawa ketempat kerja atau kantor. Jika anda tidak memiliki alat pembuat jus anda dapat membeli sayur yang telah diproses dbawah temperatur rendah yang banyak tersedia di toko-toko makanan sehat.

 

 

 

Tiga

Ramadany Sufyan, Permadi Dadi, 2001, BagaimanaMengembangkn Kecerdasan Metoda Baru untuk Mengoptimalkn Fungsi Otak Manusia, PT Sarana Panca Karsa, Bandung

 

10 langkah Diet

Untuk membangun kekuatan Otak

 

1.            Jadikan buah-buahan dan sayuran sebagai bagian dari diet anda sehari-hari

2.            Makanlah daging ayam tanpa kulit atau daging yang tak berlemak

3.            Makanlah biji-bijian kering termsuk kacang tanah/kedelai tanpa garam

4.            makanlah biji-bijian khususnya kenari dan buah badam (almond)

5.            makanlah lemak ikan khususnya ikan laut seperti salmon, sardens, mackerel dan kerang

6.            batasi makanan yang mengadung lemak omega 6 seperti  minyak jagung, lemak sayur yang terhidrogenasi, asam asam lemak

7.            batasi jumlah gula dan garam (sodium)

8.            batasi makanan yang telah diproses terlebih dahulu

9.            minumlah vitamin mineral

10.        makanlah kapsul minyak ikan jika lama tak makan ikan

 

 

Empat

Pengaruh tertawa pada otak

 

Cabang psikologi yang mempelajari tertawa gelotology. Tertawa merupakan hasil koordinasi berbagai otot wajah ternyata berdampak pada tubuh kita. Perubahan pada organ tubuhkita akibat tertawa itu adalah :

 

1.      Meningkatkan tekanan darah

2.      Meningkatkan denyut jantung

3.      Mengubah pola pernafasan

4.      Satu jam setelah menonton humor kadar hormon katekolamin, hormon pertumbuhan dan hormon stres menurun

5.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

 

Lima

Delapan aspek atau type kecerdasan

Menurut  Thomas Amstrong

 

Dalam bukunya ‘Multiple Intelligences in the Classroom’ Delapan aspek atau type kecerdasan menurut  Thomas Amstrong adalah :

 

1.              Kecerdasan Verbal (linguistic intelligence)

2.              Kecerdasan visual- spasial (visual –spatial intelligence)

3.              Kecerdasan logika-matematis (logic-mathematical intelligence)

4.              Kecerdasan ritmik (musical intelligence)

5.              Kecerdasan kinestetik-taktil (bodily intelligence)

6.              Kecerdasan interpersonal (interpersonal intelligence)

7.              Kecerdasan intrapersonal (intrapersonal intelligence)

8.              Kecerdasan naturalis (natural intelligence)

 

 

Enam

Otak Manusia

 

Otak manusia memiliki sekitar 100 milyar s.d  1 triliyun neuron atau sel otak. Setiap hari sel otak kita berkurang sekitar 100.000 – 1.000.000 oleh karena rusak. Peningkatan hilangnya jumlah sel otak ini sangat tergantung pada seberapa banyak zat-zat yang bersifat merusak. Jika kita asumsikan bahwa kita memang kehilangan 100.000 neuron setiap hari, maka diperlukan suplai darah dan bahan pengganti sel otah yang lebih intensif daripada organ tubuh yang lain. Oleh karenanya dapat difahami, meskipun otak hanya merupakan 2% dari total berat badan manusia, namun ia menrima 15% dari suplai darah yang dipompakan jantung. Sel-sel otak dapat mati jika suplai darah yang mengangkut oksigen mengalami hambatan atau berhenti.

 

 

Tujuh

Mac Gregor Sandy, 2007,  7 Langkh Menuju Sukses – Student Steps to Success, Penerbit Hikmah  (PT Mizan Publika), Jakarta

Tahap-tahap gelombang Otak

 

Para peneliti menghitung energy yang mengalir melalui otak dengan satuan putaran per detik ( cps-cycles per second) dengan menggunakan alat yang disebut elektro-ensepalograf. Keluarannya ditampilkan dalam bentuk  grafis di layar monitor komputer. Jika keluaran itu mendatar berarti ’otak mati’ defnisi legal kematian.

Para peneliti telah membagi level aliran energi yang mengaktifkan kerja otak menjadi 4 kelompok :

 

Tahapan Beta terdiri atas  13 – 28 cps

( Artinya energi yang mangalir melalui otak kita mencpai 13 sampai dengan 12 siklus per detik)

Tahapan ini merupakan tahap dimana secara aksi kondisi seseorang dalam keadaan waspada penuh,  perhatian terbagi. Dalam aksi anda dapat memikirkan  9 hal yang berbeda dalam satu  waktu. Tahap ini diperlukan seperti pada saat anda menyeberang jalan yang ramai atau bermain dalam kelompok tim olahraga.

 

Tahap Alfa terdiri atas 7 – 13 cps

Inilah saat relaksasi otomatis. Pada tahap ini kita memiliki akses langsung ke pikiran bawah sadar.

 

Tahap Teta terdiri atas  3,5 – 7 cps

Kita dapat tertidur ataupun terjaga, jika tidur ini tahap mimpi. Jika terbangun bisa jadi saatnya kreativitas atau meditasi REM (Rapid Eye Movement). Rem muncul sepanjang mimpi, yang berada pada tahap Teta. Rem  sangat penting untuk daya ingat. Penyembuhan juga terjadi selama ini. Pada tahap ini sebenarnya pikiran anda  mengarah pada pikiran bawah sadar untuk membantu anda penyembuhan.

 

Tahap Delta terdiri atas 0,5 – 3,5 cps

Inikah saat tidur tanpa mimpi. Penyembuhan alami dan regenerasi terjadi. Pada tahap koma energi dalam tubuh sebesar 0,5  cps dan ketika anda menglami otak mati energi dalam tubuh 0 cps

 

 

delapan

Bagaimana cinta mempengaruhi proses belajar.

 

Penelitian memperoleh bukti bahwa dari usia 0 – 6 tahun, kita mempelajari fakta lebih banyak ketimbang yang kita pelajari untuk memperoleh ijasah insinyur atau dokter. Anak-anak usia dini  belajar dengan atmosfer penuh cinta, mendukung dan menghargai dengan rentang konsentrasi amat singkat (15 detik sampai  1 menit ), dan hingga 6 tahun usianya, anak-anak itu menjalani hidup dengan gelombang otak yang terus menerus berada didalam tahap Alfa atau Teta.

Penelitian lain membuktikan bahwa 85% dari anak-anak  berusia 6 tahun selalu berpikir positif tentang diri mereka sendiri. Namun hanya 16%  dari remaja berusia 16 tahun yang bersikap demikian. Perubahan itu ternyata makin parah pada sepuluh tahun  belakangan.

 

Pada tahun 1992, Departemen Pendidikan dan Teknologi In-Service Course Australia membeberkan beberapa faktor yang dirkomendasikan kepada pemerintah dan masyarakat. :

*      80 % anak-anak kelas 5, pada tahun ini akan menapaki jenjang karier yang tidak eksis saat ini disebabkan teknologinya belum ditemukan.

*      Karyawan akan berganti profesi, bukan sekedar berganti pekerjaan, 4 atau 5 kali sepanjang masa mereka bekerja,

*      Jumlah informasi di seluruh dan mengkat dua kali lipat setiap 2,5 tahun

*      Hari ini para insinyur mendapati separuh pengetahuan mereka akan menjadi sa- dalam 5 tahun berikutnya

*      Pada 2000 semua lulusan akan menghadapi informasi yang lebih banyak ketimbang yang diperoleh kakek-nenek mereka seumur  hidup.

*      Sembilan puluh persen informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan pada 2000 belum ditemukan.

*      Sekitar 2000 pekerjaan berbasis layanan akan membentuk 90 persen ekonomi

 

 

Sembilan

Zona Nyaman

 

Zona nyaman anda meluas, ketika anda berani menghadapi resiko dan mencoba hal-hal baru. Mungkin saja anda  berbuat salah, tapi anda   juga akan belajar  lebih banyak

Zona  nyaman  bagaikn lingkaran imajiner yang menglilingi anda. Didalamnya terdapat segala hal yang dapat anda lakukan dengan teman. Keluarga, atau pergi ke suatu tempat yang semua menyenangkan. Diluar zona nyaman, terdapat hal-hal yang anda lakukan dengan tidak mudah.  Bertemu orang asing, mempelajari kecakapan baru, diminta memandang masalah dari sudut pandang orang lain.hendak tinggal di kawasan baru.

Setelah semua berjalan perlahan kita memperluas zona nyaman. Hal-hal yang baru itu menjadi bagian dari zona nyaman kita.

 

Sepuluh

7 Potensi Kecerdasan

 

Peneliti otak bernama Howard Gardner menemukan adany 7 potensi kecerdasan manusia dan mengatakan bahwa mungkin ada lebih banyak lagi. Kecerdasan itu adalah :

1.      Kemampuan dasar kebahasaan (verbal/linguistic )

2.      Kemampuan logika (logic/matematic)

3.      Kemampuan visual (visual/spasial)

4.      Kemampuan musik dan ritme (musical/rithme)

5.      Kemampuan pengendalian dan perkembangan fisik (kinestetic)

6.      Kemampuan interpersonal  ()

7.      Kemampuan intrapersonal ()

 

 

sebelas

Memiliki sikap yang baik

 

Omongan positif pada diri sendiri

Survei mengatakan bahwa kita berbicara pada diri sendiri setidaknya 50.000  kali sehari  … dan dari peristiwa itu, mana yang anda dengarkan ? Pastikan yang anda dengarkan   adalah yang positif, terimalah diri anda dan orang lain apa adanya. Orang lain tidak sempurna, begitu pula anda, tapi anda memiliki banyak kebaikan. Hanya satu orang yang  akan mencapai  garis finis dalam lomba lari 100 meter. Jadi bagaimana dengan orang yang tiba setelahnya. Sikap anda sendirilah  jawabannya

Sikap anda akan menjadi positif dengan :

 

1.Memaafkan

Maafkan sakit hati anda dimasa lalu. Ini akan memerdekakan anda. Memaafkan membebaskan energi negatif, melanjutkan hidup dan menciptakan masa depan yang cemerlang.  Biarkan masa lalu dan teruslah berjuang.

 

2.Catat semua kebaikan

Selalu perbaharui daftar kebaikan anda. Dengan demikian anda dapat  kembali ke jalur  yang benar ketika moment-  negatif merayap mendekati anda.  Ketika anda memenangkan penghargaan, keberhasilan tambahkan trofinya ke tumpukan harta karun prestasi anda.

 

3.Dari damai, cinta, dan penyembuhan (Dr. Bernie Segal)

Jika anda mengalami kerisauan yang luar biasa, baik sekali curahkan kepada sahabat yang dapat dipercaya. Atau menuliskan seluruh pikiran dan perasaan   pada buku harian. Penelitian menunjukan bahwa orang yang menyimpan dan masih menyimpan journal  harian, mencatat perasaan- dan impian mereka memiliki sistem  kekebalan tubuh yang sangat aktif  dan kuat.

 

4.Latihan tubuh

Lakukn sesuat jalan kaki atau joging sejenak. Bagaimana jika lompat- diatas…. olahraga favourit, renang…selancar ….aerobik ….dansa yang akan mengubah postur tubuh anda secara otomatis mengubah pikiran anda.  Maka jika anda mengalami depresi jangan tidur- sebaliknya cobalah salah satu kegiatan yang anda suka.

 

5.Bersyukur

Syukurilah semua sisi positif diri anda, juga semua kebaikan yang anda peroleh dalam hidup-keluarga, teman, masa-masa indah, sediakan  waktu untuk bergembira dan berterima kasih kepada-Nya

 

 

 

 

 

 

 

duabelas

Sebuah gambar bermakna ribuan kata

 

Jika anda diberi waktu  1 menit  untuk melihat gambar dengan 1 menit untuk membaca, anda akan segera menemukan bahwa 1 menit untuk melihat gambar bermakna ribuan kata. Sebaliknya 1 menit untuk membaca anda beruntung jika dapat membaca 1000 kata, tetapi lupakan  saja untuk bisa mengingat semua kata, menulis tentangnya.

Hal ini disebabkan otak kanan kreatif  bekerja 40 sampai 400 kali lebih cepat dibandingkan otak kiri analitis. Inilah mengapa metode belajar lebih cepat menggunakan peta pikiran untuk menyimpan memori

 

 

 

tigabelas

Apa yang kita ingat ?

 

Menutut Colin Rose dalam Accelerated Learning for 21st Century apa yang kita ingat adalah  :

 

20%   dari apa yang kita baca

30%   dari apa yang kita dengar

40%   dari apa yang kita lihat

50%   dari apa yang kita katakan

60%   dari apa yang kita kerjakan

90%   dari apa yang kita lihat, dengar. Katakan dan kerjakan

 

 

empatbelas

Rudatan, Rs, 2006, Menjadi Kaya dengan Menulis, Penerbit Andi, Yogyakarta

 

Keluarlah dari zona nyaman anda

Anda akan memperoleh sesuatu yang baru

 

Bill Clinton, ketika masih sekolah di SMA kelasnya diajak gurunya mengunjungi Gedung Putih. Clinton muda yang masih SMA sempat berjabat tangan dengan Presiden AS waktu itu yakni John F Kennedy. Apa yng terjadi ? Hanya karena berjabat tangan itulah Clinton muda kemudian terobsesi ingin menjadi Presiden. Clinton muda kemudian muncul menjadi pengagum Kennedy. Bayangan itu tak pernah lepas dari benaknya. Hasilnya ? Kita tahu bahwa Bill Clinton setelah melalui perjalanan panjang akhirnya berhasil masuk Gedung Putih menjadi Presiden

 

 

 

 

limabelas

Danarti Dessy, 2005,Dari Hobi Menjadi Hoki Peluang Menjadi Jutawan dari Rumah, Penerbit Andi, Yogyakarta

 

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln Presiden AS yng termashur itu, adalah seorang yang berkali-kali gagal. Tetapi ia segera bangkit setiap kali mengalami kegagalan. Inilah cermin kisah hidupnya :

 

*      Kehilangan pekerjaannya th 1832

*      Kalah dari pencalonan anggota legislatif th 1832

*      Gagal dalam bisnis th 1833

*      Kehilangan kekasih karena meninggal th 1835

*      Mengalami gangguan urat syaraf  th 1836

*      Gagal menjadi ahli pidato th 1838

*      Kalah dari pencalonan sebagai anggota Kongres th 1843

*      Kalah lagi sebagai calon anggota Konggres th 1848

*      Ditolak untuk menjadi pegawai negeri  th 1849

*      Kalah sebagai calon anggota Senat th 1854

*      Kalah dalam pencalonan menjadi wakil Presiden th 1856

*      Kalah lagi sebagai calon anggota Senat th 1858

 

Dan … baru th 1860 terpilih menjadi Presiden AS

Kekuatan dari dalam diri membuatnya tetap melangkah maju di saat orang lain sudah memutuskan untuk berhenti.

 

 

enambelas

Silberg Jackie, 2007,125 Brain Games Toddlers Permainan Sederhana untk Menunjang Perkembangan Awal Otak pada Anak Batita, Penerbit Erlangga Jakarta

 

Otak seorang bayi ….

 

o             Telah membentuk 1000 triliun jaringan koneksi yang aktif diakhir usia 3 tahun

o             Dua kali lebih aktif daripada otak orang dewasa

o             Dapat menyerap informasi baru lebih cepat daripada otak orang dewasa

 

 

 

 

tujuhbelas

Challoner Jack (Terj. Satriawan Mirza),  2003,  Kecerdasan Artifisial, Penerbit Erlangga, Jakarta

 

Pemrosesan bahasa alami

 

Semua kalimat dapat diuraikan menjadi frase-frase terpisah, dan masing-masing  frase diurai menjadi bagian-bagian kecil, dan lebih kecil lagi, sampai memungkinkan untuk  mengidentifikasi fungsi dari setiap kata, dan memahami kalimatnya. Bagaimana otak manusia melakukan proses ini- yang disebut parsing (penguraian)- tidaklah diketahui, tetapi memungkinkan untuk memprogram komputer untuk melakukannya. Salah satu penerapan popular dari pemrosesan  bahasa alami adalah  chatbot (mesin mengobrol)- sebuah program yang dapat bercakap-cakap dengan orang. Anda dapat berinteraksi dengan chatbot di internet, dengan mengetikan kalimat dan menunggu jawabannya. Bahkan ada beberapa website komersial yang menggunakan chatbot untuk merespon terhadap pertanyaan-pertanyaan pengguna tentang produk-produk perusahannya. Dengan bertambah kuatnya komputer, dan dengan makin banyaknya internet digunakan orang, chatbot sejenis ini kemungkinn besar akan menjadi hal biasa. Dan dengan bertambah rumitnya pengenal ucapan dan penghasil ucapan, berintraksi dengan chatbot kelak dapat menjadi seperti berintraksi dengan manusia.

 

 

 

delapanbelas

Robot

 

Istilah robot berasal dari suatu sandiwara yang ditulis  di tahun 1919, oleh pengarang Ceko  Karel Capek, yang berjudul ‘Rossum  Universal Robots’. Kata robot berasal dari kata Ceko robota, yang digunakan untuk menggambarkan pekerjaan yang menjemukan dan berulang. Robot adalah mesin yang dikendalikan dengan komputer dan penggunaannya yang paling lazim didunia saat ini adalah sebagai pengganti pekerja pabrik, melakukan pekerjaan yang kompleks, memerlukan ketelitian tinggi. Hal ini membuat robot hanya memerlukan kecerdasan yang sangat terbatas. Namun demikian dalam penerapan tertentu, seperti eksplorasi planet, robot perlu untuk merespon terhadap perubahan keadaaan secara otonom- tanpa kendali langsung dari manusia. Barangkali robot yang paling mengesankan saat ini diantaranya adalah robot  manusia (humanoid robot) karena mereka menyerupai manusia, memiliki mata, telinga dan tubuh, dapat belajar sederetan kelakuan kompleks tanpa diajari. Misalnya robot Cog yang mampu belajar menggerakan matanya dengan cepat, juga  dapat bermain drum, menjawab anggukan dan sederetan  kelakuan lainnya.

 

 

 

sebilanbelas

Royan  Frans  M, 2003, Sukses Menjual Konsumen Anda, Penerbit Andi, Yogyakarta

 

Detak jantung ibu memberi rasa aman

 

Menurut  beberapa Psikolog  seseorang cenderung  menirukan pengalamannya sebelum lahir ke dunia. Ketika dalam kandungan, perasaan janin yang cemas dan tak sabar konon ditenangkn oleh detak jantung ibunya.  Bagi  janin ini adalah suara yang menenteramkan dan memberi rasa aman

 

Kolonel Sanders pernah ditolak sebanyak 1009 kali ketika menawarkan resep ayam gorengnya, sebelum sukses seperti sekarang ini menjadi pemegang merk dagang KFC. Sementara Charles Dickens juga pernah ditolak ratusan kali ketika mengirimkan artikel-artikelnya ke media cetak sebelum  menjadi punulis artikel terkenal

 

duapuluh

Situs anak

Tim Pustaka Familia, 2006, Menepis Hambatan Tumbuh Kembang Anak, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

 

Dari surfing dengan bantuan Google Search Engine atau Yahoo dewasa ini dapat ditemukan bahwa situs anak-anak yang saat ini masih aktual di seluruh dunia ada tidak kurang dari 28.100 situs.

 

 

duapuluhsatu

Sempoa dan asal-usulnya

Tim Pustaka Familia, 2006, Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

 

Sempoa ataupun nama lainnya seperti sipoa, cipoa, swipoa, simsuan, abakus ataupun soroban adalah sebuah alat hitung tradisional yang semula banyak digunakan di cina dan jepang. Bentuknya berupa kotak segi empat yang terbagi dalam 2 bagian, masing-masing dengan biji manik-maniknya. Alat ini diyakini berasal dari cina. Namun demikian ditemukan juga dalam sejarah di Babilonia kuno. Bentuknya sebilah papan yang diatasnya ditaburi dengan pasir. Orang menggunakan butiran-butiran pasir itu sebagai alat untuk menghitung  dan menulis. Itulah sebabnya ada yang menyebutnya abakus yang berasal dari bahasa Yunani ’abacos’ yang berarti menghapus debu.

Dengan sempoa banyak fungsi aritmatik disederhanakan, bahkan pada tataran berikutna anak cukup membayangkan mesin sempoa saja. Jika sudah pada tataran ini anak tidak lagi memerlukan kotak sempoa secara kongkrit. Dengan membayangkan kotak itu plus beberapa gerakan jarinya ia akan mampu menghitung layaknya dengan sempoa kongkrit.

Wilayah otak kanan dan otak kiri manusia, dipercaya memiliki bentuk yang sama, tetapi berbeda fnugsinya. Dengan metoda sempoa diharapkan  otak kanan dan otak kiri dapat seimbang sehingga konsentrasi, imajinasi, kreativitas dan kecerdasan emosi anak meningkat. Pada rentang usia 6-12 bahkan ada yang menyatakan mulai 3 tahun perkembangan otak sangat pesat, pola dasar berfikir mulai terbentuk demikian pula kemampuan logikanya..

 

 

 

Duapuluhddua

Koen Willie at all (Editor ), 1990, Mathematics and computer Edisi Bhs Indonesia, Penerbit PT Tira Pustaka, Jakarta

 

Bilangan

 

Pengertian perpadanan satu lawan satu, telah digunakan oleh nenekmoyang kita untuk membilang benda-benda.  Pada zaman dahulu oraang menggunakan jari atau  benda lain yang sudah dikenal sebagai lambang. Kemudian dikembangkan  bermacam-macam lambang bilangan, atau numeral. Berbagai peradaban telah mengembangkan sistemnya sendiri-sendiri

Ada yang menggunakan simpul pada seutas tali. Ada suku yang melepas dombanya dengan memberi torehan pada suatu pohon untuk mengingat jumla domba yang dilepas pagi hari dan mencocokannnya pada sore hari, ketika domba-domba itu masuk kandang. Beberapa suku di Irian menggunakan bagian tubuh, kelingking satu, jari manis dua terus urut jari tengah tiga, telunjuk Empat., ibujari lima, pergelangan tangan enam, lengan bawah tujuh, pergelangan siku delapan, sendi pangkal lengan sembilan dan selangka sepuluh.

Penemuan tulisan  mengakibatkan terciptanya lambang bilangan yang semakin Praktis, sehingga di berbagai bangsa muncul sistem  angka.

 

 

Duapuluh tiga

Wiese Jim, 2004, Weird Science  40 Strange-Acting, Bizarre-Looking, and Barely Belivable Activities for Kids –Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Pakar Raya, Bandung

 

Gua

Diperkirakan diseluruh dunia terdapat 100.000 gua, diantaranya 11.000 di Amerika Serikat. Sistem gua terpanjang di dunia yang tercatat adalah Gua Mammouth di Kentucky, yang mempunyai saluran dengan panjang lebih dari 358 km. Gua bawah tanah terbesar adalah  The Big Room  Carlsbad New Mexico panjangnya 400m dan lebarnya 200m. Gua terdalam adalah Gua Gouffre Berger di dekat Grenoble Perancis. Gua itu turun paling tidak  1.110 m dibawah permukaan air laut.

 

 

 

Duapuluhempat

Pendengaran kita

 

Bunyi berasal dari berbagai frekuensi. Bunyi yang dapat didengar oleh manusia hanya yang mempunyai getaran dangan frekuensi tertentu. Manusia mempunyai jangkauan normal pendengaran dengan frekuensi getaran diantara 20 hertz  sampai dengan 20.000 hertz. Satu hertz adalah sati getaran atau lingkaran per detik. Bunyi diluar itu tidak mampu didengar oleh telinga kita. Inilah perbandingan kemampuan mendengar :

 

Golongan                                  terendah                       tertinggi

Manusia                                   20  hertz                       20.000 hertz

Anjing                                      15 hertz                        50.000 hertz

Kucing                                     60 hertz                        65.000 hertz

Kelelawar                                 1000 hertz                    120.000 hertz

Lumba-lumba                           150 hertz                      150.000 hertz

 

Kelelawar dan lumba-lumba sama-sama mempunyai jangkauan pendengaran dan vocal diluar jangkauan manusia. Kedua binatang itu menggunakan  bunyi frekuensi tinggi untuk membantu menentukan arah, mengetahui sasaran mangsa dan juga berkomunikasi. Sedangkan manusia menggunakan suara ultrasonik  (diatas yang mampu didengar) dengan   beberapa cara  dan digunakan untuk keperluan navigasi seperti mengetahui kedalaman laut atau menunjukan lokasi benda pada kedalaman air. Sedangkan gelombang infrasonik (dibawah yang dapat didengar manusia) untuk mendeteksi gerakan bayi didalam kandungan, batu ginjal dll.

Duapuluhlima

Teori Relativitas Einstein

 

Salah sati teori Albert Einstein yang terkenal adalah teori yang menyebutkan bahwa kecepatan itu relatif. Teori ini menjelaskan bahwa kecepatan gerak suatu benda itu tergantung dari mana kita melihat. Jika kita berdiri ditepi jalan dan melihat sebuah mobil meluncur dengan kecepatan 60 km, kita mengatakan mobil itu berlari dengan kecepatan 60 km/jam. Akan lain lagi jika kita duduk didalam mobil itu sendiri, lain lagi jika mobil yang berlari dengan arah sama ataupun mobil yang berlari dengan arah berlawanan.jika  kita berada didalam mobil yang arah larinya berlawana dengan kecepatan 60 km, maka mobil tadi kecepatannya menjadi 120 km/jam. Menurut Einstein satu-satunya  hal yang absolut adalah kecepatan cahaya yaitu 300.000.000 mil/detik

 

 

 

duapuluhenam

Lubang hitam

Teleskop Ruang Angkasa Huble yang mengorbit diatas permukaan bumi dan bisa melihat lebih jauh ke ruang angkasa daripada teleskop yang ada di bumi. Teleskop ini pulalah yang menemukan benda yang disebut sebagai lubang hitam the black hole di dekat pusat galaksi yang disebut NGC4261. didalam inti galaksi itu terdapat piringan yang berbentuk spiral yang tampaknya memiliki berat 100.000 kali berat matahari kita. Karena masanya yang besar itu, benda tersebut diperkirakan  merupakan lubang hitam.

 

 

duapuluhtujuh

Antimateri

Jika partikel-partikel subatom begitu kecil, bagaimana para ilmuwan bisa mengetahui paritkel-partikel itu ada. Paul Dirac mencoba menjawab pada tahun 1928 dengan sebuah persamaan sederhana yang bisa membukakan pintu bagi antimateri. Ia memperhatikan bahwa  akar kuadrat dari 4  bisa +2, tetapi juga bisa -2. artinya untuk pemecahan suatu masalah, suatu pemecahan berdasar pada materi dan yang lain pada antimateri.   Dirac menafsirkan  bahwa untuk  setiap partikel  (proton, neutron dan elaktron) terdapat antipartikel yang berhubungan.  Tetapi bagaimana partikel-partikel ini bisa dilihat?  Dengan menggunakan alat yang namanya kamar kabut, para ilmuwanbisa ‘melihat’ partikel-partikel yang sebenarnya tidak bisa dilihat. Pada tahun 1932 Carl Anderson seorang ahli fisika muda dari California Institute of Technology, mempelajari partikel-partikel kosmis (partikel-partikel yang secara alami berasal dari ruang angkasa)  didalam kamar kabut itu. Ia melihat jejak partikel yang tampaknya memiliki massa sebuaih elektron, tetapi muatannya berlawanan. Setelah setahun mempelajarinya  ia dapat memastikan bahwa itu jejak milik sebuah antielektron yang sekarang dikenal sebagai positron. Dengan demikian antipartikel pertama ditemukan oleh Dirac.

 

 

duapuluhdelapan

Angin dan taufan, tornado dan hujan kodok

 

Gerakan udara terjadi karena perbedaan suhu dan menjadi cukup rumit dalam skala global. Udara di sepanjang ekuator, yaitu garis khayal yang mengelilingi pusat bumi, lebih panas daripada udara di kutub utara maupun selatan.  Jadi udara dengan dari kutub bergerak ke ekuator. Namun gerakan ini terganggu oleh rotasi bumi. Gangguan ini menghasilkan angin dengan arah tidak lurus ke ekuator, melainkan serong. Tumbukan kedua arus udara itu sangat memungkinkan terjadinya angin-angin puyuh, taufan, taifun, tornado dsb.

Kebanyakan tornado melintas di daratan, tetapi sebagian akan terbentuk dan bergerak diatas air yang menciptakan semburan (waterspout). Ini bisa menyebabkan gejala aneh. Pada Juni 1997 di Culican, Mexico torando kecil membuat pusaran diatas genangn air kecil dan menghisap sekelompok kodok dan bangkong. Tornado ini kemudian melewati kota dan melepaskan binatang-binatang itu. Jadilah benar-benar hujan kodok.       

 

 

 

 

Duapuluhsembilan

Wiese Jim, 2004, Ilmu Pengetahuan Kuno, 40 Kegiatan Perjalanan Waktu, Penjelajahan Dunia dan Pembutan Sejarah Untuk Anak-Anak –Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Pakar Raya, Bandung

Awal bercocok tanam

 

Manusia-manusia purba yaitu manusia-manusia zaman batu tua bersifat nomadik, yaitu berpindah-pindah secara berkelompok dari suatu tempat ke tempat lain dengan membawa benda-benda yang mereka miliki. Mereka adalah pemburu dan pengumpul. Artinya mereka berburu binatang dan mengumpulkan tanaman atau buah-buahan untuk dimakan. Namun sekitar tahun 10.000 SM, sebagian manusia purba tersebut mulai ada yang tinggal menetap dalam suatu masyarakat, kemudian mulai bercocok tana serta memelihara ternak. Itu berarti juga mereka memerlikan alat-alat baru u mengolah hasil pertanian dan peternakan seperti batu untuk menggiling biji-bijian. Di dekat Sungai Nil kelebihan padi-padian ditukar dengan madu asli dari penduduk yang tinggal di pegunungan.

Di wilayah lain sekitar tahun 3.000 SM peradaban yang berpusat di lembah Indus mulai menanam einkorn (gandum liar), barley (semacam gandum) dan kurma. Ketika tahun 327 SM Alexander Agung Raja Macedonia menyerbu wilayah Asia, melaporkan bahwa terdapat suatu tanaman yang belum pernah ia temui sebelumnya dan itu ternyata tanaman tebu. Masyarakat Indus telah mengenal teknologi merebus air tebu.

Hal semacam ada ditemukan di Amerika dari cairan pohon maple, kemudian di Jerman dari tanaman bit abad ke 18

 

 

 

Tigapuluh

Roda, sabun dan uang logam pertama

 

Didaerah diantara  Sungai Tigris dan Eufrat yang dikenal sebagai daerah bulan sabit yang subur (Fertile Crescent). Sampai dengan tahun 3.500 SM kota-kota pertama di dunia tumbuh di wilayah ini tempat tinggal bangsa-bangsa kuno seperti bangsa Sumeria, Babilonia, Funisia dan Semit. 

Bangsa Sumeria di Mesopotamia menciptakan roda dan poros roda pertama pada sekitar tahun 3.200 SM dan menggunakan kereta beroda pertama disamping juga sabun dan ua logam. B S dikenal memiliki  roda kayu yang berat dan kuat karena terbuat dari dua atau tiga papan tebal yang disatukan dan dipotong menjadi cakram. Roda- ini berputar mengitari lubang di pusatnya (poros) mati. Jadi ketika roda berputar ikut berputar. Kereta- mereka ditarik oleh keledai atau sapi jantan.

Sekitar tahun 2000 SM dikembangkan roda berjeruji.  Roda menjadi lebih ringan dan cepat berputar. Kemudian pada bagian luarnya dilapis tembaga sehingga menjadi lebih kuat.

 

 

tigapuluhsatu

Peta pertama

 

Peta pertama ditemukan pada lempengan tanah liat di Babilonia pada sekitar tahun 2.500 SM. Peta itu menggunakan symbol-symbol dan tulisan. Peta paling tua adalah peta kota yang ditemukan pada lukisan dinding di Anatolia Turki yang dibuat pada 6.100 SM. Peta tersebut menunjukkan rencana kota dengan 80 bangunan. Latar belakangnya gunung berapi yang sedang meletus.

Orang-orangYunani kuno menambahkan garis horizontal dan vertikal pada peta mereka, yang kelak akan menjadi garis bujur dan meridian. Peta dunia pertama kali disusun oleh Anaximander dan Miletus pada awal abad ke -6 SM.  Orang-orang Romawi kuno memperbaiki teknik pembuatan peta dengan menambahkan tanda-tanda untuk jalan, kota kecil dan kota besar.

 

 

 

tigapuluhdua

MAJALAH ELEKTRO INDONESIA

Nomor 35, Tahun VI,  Februari 2001

Hadiah Nobel 2000

 

 

Royal Swedish Academy of Science atau Akademi Sains Kerajaan Swedia, Lembaga yang berwenang menilai kandidat pemenang hadiah Nobel, merekomendasikan untuk memilih tiga pemenang Nobel Fisika tahun 2000. Mereka itu adalah Insinyur Jack S. Kilby,  Dr. Zhores I. Alferov dan Dr. Herbert Kroemer. Mereka bertiga dianggap berjasa dalam mengembangkan perangkat elektronik sehingga mengantarkan ke arah perkembangan pemanfaatan komputer yang sangat fantastis. 

 Jack S. Kilby yang kini berusia 76 tahun adalah pensiunan dari perusahaan elektronik Texas Instruments Inc. di Dallas, Amerika Serikat. Beliau dianugerahi Nobel Fisika 2000 berupa uang sebesar kurang lebih Rp 7,5 milyar karena jasanya dalam merintis rancangan komponen elektronik berupa rangkaian terpadu atau integrated circuits (IC) yang kini lebih dikenal sebagai chip. Komponen elektronik berukuran sangat kecil itu berperan sebagai “otak elektronik” pada setiap komputer. 

 Inovasi yang dilakukan oleh Kilby memang diakui dan dikagumi oleh banyak pakar yang terlibat dalam riset dasar semikonduktor, bahan utama untuk pembuatan berbagai jenis komponen elektronik, diantaranya IC. Kilby mengembangkan IC generasi pertama pada tahun 1958. Untuk ukuran sekarang, IC hasil inovasi Kilby di Texas Instruments itu memang bisa digolongkan sudah usang, dan kini sudah menjadi penghuni museum. Rangkaian terpadu sederhana yang pertama kali dibikin itu hanya terdiri atas satu transistor dan komponen lain yang dikemas dalam sepotong lembaran germanium (Ge) dengan ukuran 7/16 x 1/16 inchi. 

 Jack S. Kilby sendiri semula tidak menyangka kalau IC rancangannya bakal menjadi tonggak yang sangat menentukan bagi sejarah perkembangan komputer, elektronika serta perangkat telekomunikasi di kurun waktu berikutnya. Kini kita menyaksikan kemajuan yang amat pesat dalam teknologi komputer, telekomunikasi dan telematika. Kemajuan teknologi ini ternyata telah mengubah berbagai aspek kehidupan umat manusia saat ini. 

 Nama Jack. S. Kilby kini diabadikan menjadi nama salah satu laboratorium utama Texas Instruments (The Kilby Centre) yang selama ini telah menghasilkan 30 paten. Sebelum meraih Nobel fisika 2000, Kilby pernah dianugerahi National Medal of Science dan National Inventors Hall of Fame oleh Pemerintah AS. 

Dua ilmuwan pemenang Nobel Fisika 2000 selain Kilby  adalah Zhores I. Alferov dan Herbert Kroemer. Mereka berdua berbagi hadiah Nobel berupa uang sebesar Rp 7,5 milyar. Alferov dan Kroemer direkomendasikan memenangkan Nobel Fisika 2000 karena secara tepisah mengembangkan komponen elektronik yang disebut heterostruktur. Komponen elektronik padat seukuran panjang gelombang sinar laser ini berfungsi mempercepat penerimaan atau pengiriman sinar dengan kemampuan yang luar biasa.

 Herbert Kroemer yang kini berusia 72 tahun adalah fisikawan dari Universitas California di Santa Barbara, Amerika Serikat. Lahir tahun 1928 di Jerman dan memperoleh gelar doktor fisika pada tahun 1952 dari Universitas Gottingen. Sebagai ahli teknik komputer, beliau semula bekerja di RCA Laboratories dan Varian Associates di Polo Alto, California, AS. Profesi terakhirnya adalah sebagai guru besar di Universitas Colorado dan Universitas California.

 Zhores I. Alferov   telah lama terlibat dalam pengembangan semikonduktor heterostruktur III-V. Beliau terlibat aktif dalam riset pengembangan laser, sel surya, Light Emitting Diode (LED) serta proses perancangan semikonduktor heterostruktur moderen. Lahir di Vitebsk, White Rusia, pada tahun 1930, Alferov yang kini berusia 70 tahun meraih gelar doktor fisika dan matematika tahun 1970 dari AF Ioffe Physico-Technical Institute di St. Petersburg, Leningrad, Rusia. Sejak tahun 1987 beliau menjadi direktur di lembaga riset tersebut. 

 

 

 

 

 Perkembangan teknologi informasi melaju semakin kencang berkat penelitian Alferov dan Kroemer. Mereka bersinergi mengembangkan chip heterostruktur berbasis laser semikonduktor. Komponen heterostruktur yang meraka kembangkan itu kini merupakan komponen elektronik yang disisipkan pada hampir semua perangkat yang berbasis sinar laser, seperti Compact Disc (CD), telepon seluler, satelit dan serat optik. Tanpa komponen heterostruktur, tidak akan ada produk elektronik bernama CD-player maupun CD lainnya. Aplikasi lainnya adalah dalam sistim pembacaan bar-code, misal membaca nama barang serta harga pada saat kita berbelanja, dan langsung menampilkan data pada layar monitor serta mencetaknya pada nota daftar belanja secara otomatis. 

 

 

tigapuluhtiga

Bermula Dari Fisika

 Revolusi dalam dunia elektronika dipicu oleh kemajuan dalam studi fisika zat padat yang dirintis oleh F. Seitz dan fisika semikonduktor oleh J. Bardeen dan William B. Shockley di Amerika Serikat serta Love di Rusia pada tahun 1940-an. Kemajuan riset dasar fisika tadi telah mengantarkan tiga ilmuwan dari AS, yaitu : W.B. Shockley, W.H. Brattain dan J. Bardeen menemukan transistor sekaligus memenangkan hadiah Nobel Fisika pada tahun 1956. Mereka bertiga dinilai berjasa dalam mempelajari secara mendalam tentang tingkah laku elektron-elektron dalam materi semikonduktor seperti silikon.

 Luasnya penggunaan komputer, serta hadirnya berbagai jenis produk telekomunikasi dan barang elektronik lainnya bermula dari hasil jerih payah penelitian yang dilakukan para fisikawan, terutama mereka yang terlibat langsung dalam penelitian dan pengembangan teknologi semikonduktor. Melalui teknologi inilah aliran-aliran elektron dalam chip semikonduktor dapat dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan dan mengantarkan data serta informasi melalui sandi-sandi digital. 

 

 

tigapuluhempat

Perkembangan Komputer

 Secara garis besar komputer yang diperkenalkan sebelum tahun 1958 dikenal sebagai komputer generasi pertama. Ciri-ciri dari komputer ini adalah : menggunakan tabung hampa, memorinya sangat rendah, perlu pemanasan awal yang tinggi, kemampuan mengolah datanya sangat lambat dan ukurannya sangat besar. Masuk dalam kelompok ini adalah UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer), SEAD, G-15, SWAC dan ENIAC. Komputer semacam ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum untuk mengolah data. Pada tahun 1950-an, beberapa komputer yang mempekerjakan ribuan tabung hampa masih diproduksi. Komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 misalnya, mengandung 4.000 tabung di dalamnya. 

 Kemudahan muncul dengan ditemukannya transistor, komponen elektronik berukuran kecil yang bekerjanya memanfaatkan aliran muatan (elektron) di dalam zat padat kristalin. Transistor mempunyai sifat lebih ringan, lebih kuat dan tahan lama dibandingkan teknologi tabung. Komponen elektronik ini mulai dikembangkan pada tahun 1948 Oleh Shockley dan kawan-kawan di Bell Telephone Company, AS, dan mulai digunakan di dalam komputer pada akhir tahun 1950-an. Inilah komputer generasi kedua, diperkenalkan antara tahun 1958 sampai dengan tahun 1963. Ciri-cirinya adalah : sudah menggunakan transistor, memorinya relatif kecil atau rendah, kecepatan mengolah datanya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, kebutuhan untuk pemanasannya tidak terlalu tinggi, serta ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.  Masuk dalam kelompok ini adalah : IBM 1401, IBM 7090 dan ILLIAC-11. 

Pada tahun 1960, produk elektronik masih didominasi oleh radio, tape dan televisi yang telah menggunakan transistor. Pada saat itulah Kilby sedang mengembangkan IC. Tidak lama kemudian, IC rancangan Kilby menggusur penggunaan transistor dan menjadi komponen utama dalam komputer. Inilah komputer generasi ketiga yang diperkenalkan antara tahun 1963 sampai dengan tahun 1971. Ciri dari komputer generasi ini adalah : menggunakan Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI), mempunyai memori lebih besar, bekerjanya lebih cepat, serta ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya. Masuk dalam generasi ini adalah IBM 390. 

 Penyempurnaan teknologi IC terus berlanjut. Ide yang semula terlahir dari pemikiran Kilby itu dalam kurun waktu berikutnya terus mengalami penyempurnaan melalui kerja keras ribuan insinyur terbaik dunia, dan hadirlah teknologi chip seperti yang kita saksikan saat ini. Dampak dari perkembangan tersebut adalah hadirnya komputer-komputer dalam bentuk yang lebih cerdas, bekerja lebih cepat dan handal, mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keunggulan-keunggulan lainnya, meski bentuk maupun volumenya justru semakin kecil. Inilah komputer generasi keempat yang diperkenalkan antara tahun 1971 sampai dengan sekarang. Di dalam komputer ini telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS). Masuk dalam kelompok ini adalah komputer-komputer produksi BMC, IBM dan Apple yang kini beredar di pasaran. 

 

tigapuluhlima

Proses Miniaturisasi Komputer

 Tanpa perangkat terpadu dan kompak, sebuah komputer PC harus dibuat dengan ukuran yang sangat besar. Rumah mungkin tidak akan cukup untuk menampung sebuah perkakas komputer yang dibuat dari jutaan transistor dan tabung vakum. Namun dengan hadirnya teknologi chip, barang elektronik seperti jam digital, kalkulator, telepon genggam maupun komputer dapat hadir dengan ukuran yang betul-betul kecil. Dengan teknologi chip, bukan hanya terjadi penghematan ruang, namun juga waktu dan biaya produksi. Bahkan untuk kondisi saat ini, chip komputer sudah mencapai seukuran molekul, suatu tingkat yang sangat mustahil untuk dipercayai beberapa dasa warsa lalu.

 Komponen IC yang pertama kali lahir 40 tahun lalu memang lebih hebat dibandingkan teknologi tabung vakum maupun transistor, walaupun IC yang pertama kali dibuat itu sangat kasar dan besar. Di dalamnya hanya terdapat beberapa gerbang dan transistor. Kini dengan ukuran yang lebih kecil dan halus, sebuah prosesor bisa memadukan kerja dari jutaan transistor, seperti pada chip komputer terbaru Intel Pentium III atau Athlon dari Advance Micro Devices. 

 Proses miniaturisasi komputer beserta produk elektronik lainnya tentu tidak dapat terlepas dari peran IC. Dalam komponen ini, sejumlah sirkuit elektronik yang berbeda-beda dapat ditempatkan atau dipasang secara langsung pada potongan lapisan-lapisan tipis bahan semikonduktor seperti silikon. Pembuatan wafer elektronik itu dilakukan secara kimia melalui suatu proses yang mengkombinasikan etsa dan fotografi. Hasilnya adalah sebuah rangkaian sirkuit yang sangat kecil (berukuran mikron) yang tersusun pada lapisan silikon, yang dapat memproses sejumlah besar informasi. Sirkuit pada lapisan silikon dihubungkan satu sama lain, dan siap melakukan tugas dalam komputer sesuai dengan yang diharapkan. 

 

tigapuluhenam

Peran yang Meluas Komputer

 Komputer yang semula dirancang untuk menghitung dan menulis, dalam perkembangan berikutnya ternyata dapat menembus berbagai aspek kehidupan manusia, serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Hampir semua informasi dapat ditangani dan diproses dengan berbagai cara oleh komputer. Hal ini karena komputer mampu “mengkode” berbagai macam bentuk data ke dalam bentuk digital biner (1 dan 0 atau on dan off). Banyak penggunaan komputer saat ini jauh dari kegiatan hitung-menghitung sebagaimana komputer pertama kali dibuat.

 Dalam penelitian dasar, banyak perhitungan detil dalam fisika yang terlalu rumit untuk dipecahkan. Untuk mengatasi masalah ini, para fisikawan mulai melirik pada simulasi super komputer. Para ahli fisika yang menaruh minat pada kromodinamika kuantum sejak permulaan tahun 1980-an mulai mendisain super komputer paralel untuk menyelesaikan berbagai perhitungan fisika secara cepat. Komputer paralel yang dikembangkan para peneliti serta industri memiliki banyak sekali prosesor sehingga dapat bekerja serentak menyelesaikan perhitungan yang sangat rumit. Dengan komputer ini para peneliti mampu menyelesaikan 6,5 milyar perhitungan per detik atau berkekuatan 6,5 gigaflop. 

 Para seniman atau designer dapat memanfaatkan komputer karena gambar dapat diubah atau disajikan dalam bentuk digit. Para arsitek dan perancang kota secara luas memanfaatkan kemampuan komputer untuk menggambar dalam bentuk tiga dimensi yang dapat ditampilkan dan dilihat dari berbagai arah. Para musisi juga telah mendapatkan cara dalam memanfaatkan komputer, baik untuk menulis, merekam maupun memainkan musik yang telah dikode secara digit. Semua informasi baik musik (suara) maupun gambar dapat direkam atau disimpan di dalam disk yang dapat dibaca ulang secara optis oleh laser. 

 Perkembangan teknologi mikroelektronika dan komputer yang sangat pesat beberapa dasawarsa terakhir ini juga telah memacu perkembangan peralatan perang moderen. Perkembangan teknik deteksi dengan radar yang semakin canggih diimbangi pula oleh peningkatan kemampuan mendisain perlengkapan perlindungan elektronik, khususnya bagi jet-jet tempur agar tidak mudah dideteksi oleh radar lawan. Dengan perkembangan teknologi mikroelektronika dimungkinkan membuat pelindung elektronik mini yang ditempatkan di luar pesawat.  Dengan rangkaian pengukur frekwensi langsung dapat dilakukan kalkulasi untuk mengetahui ancaman lawan hanya dalam waktu sepersejuta detik. 

 Teknologi mikroelektronika juga bakal dimanfaatkan dalam kendaraan pribadi dalam sistim navigasi berpemandu satelit. Teknologi multi media ternyata makin merasuk ke dunia otomotif. Diperkirakan di masa mendatang perusahaan-perusahaan mobil di Jepang akan melemparkan produknya sebanyak 1,6 juta mobil yang dilengkapi peralatan navigasi menggunakan sistim GPS (Global Positioning System). Dengan perlengkapan ini pengemudi akan lebih cepat mengakses peta dan petunjuk jalan dengan rinci dan akurat. 

 Saat ini, internet merupakan sarana komunikasi global yang dapat menghubungkan manusia di berbagai belahan bumi, sehingga seakan-akan jarak antar mereka menjadi sangat pendek.  Meluasnya penggunaan internet menjadikan komputer telah menjadi bagian integral dalam kehidupan umat manusia.

Chip pada telepon seluler juga telah mengubah kehidupan sehari-hari umat manusia di seluruh dunia. Bahkan kini teknologi chip yang mengoperasikan suatu pesawat telepon seluler juga dapat mengoperasikan kamera digital terbaru. Satu chip dapat mengatur milyaran data yang mengalir melewati jaringan telepon setiap detiknya. Chip super canggih ini disebut Digital Signal Processor (DSP). 

Berbagai kemudahan yang ditawarkan komputer tadi tentu tak dapat lepas dari hasil temuan ketiga pemenang Nobel Fisika 2000, yang oleh Royal Swedish Academy of Science dinilai mempercepat revolusi dalam bidang komunikasi. Mereka bertiga dinilai telah berjasa menemukan dan mengembangkan rangkaian terpadu (IC) serta prosesor semikonduktor heterostruktur yang menjadi komponen dasar dan memegang kunci dalam perkembangan teknologi komputer, informatika serta opto-elektronika (*)

 

 

tigapuluhtujuh

Morin Edgar, 2005, Tujuh Materi Penting Bagi Dunia Pendidikan, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Sedikit Filsafat Manusia

 

Untuk mengenal apa kita manusia kita harus menempatkannya dalam alam semesta. Siapa kita tidak akan terpisah dari dimana kita berada, darimana asal kita, kemana kita akan menuju. Kita berada didalam dan serentak diluar alam. Manusia itu kompleks, manusia adalah homo demens atau makluk tak masuk akal.

Manusia adalah makhluk  tak masuk akal yang cukup masuk akal, yang dapat diredam tapi juga dapat eksesif. Berhadapan dengan pasang surut gelombang afeksi yang pekat, manusia tersenyum, tertawa, menangis, tapi mampu juga memahami secara obyektif. Ia serius dan penuh perhitungan, tetapi juga gelisah, menderita, iseng, girang, ekstatik. Ia makhluk yang kejam dan penyayang, pencinta dan pendengki.

Ia makhluk yang dikuasai oleh imajinasi tapi juga dapat mengenali kenyataan, mengetahui kematian, tapi tidak dapat mempercayainya, menciptakan mitos dan sihir, tapi jugai sains dan filsafat. Ia dikuasai oleh dewa-dewa dan ide-ide, tapi meragukan dewa-dewa dan mengeritik ide-ide. Manakala kendali-kendali rasional, kultural dan material mulai goyah dan mengacaukan pembedaan antara yang obyektif dan yang subyektif, yang nyata dan yang khayal-manakala manusia dikuasai oleh ilusi-ilusi dan ekses tak terkendali- pada saat itulah Homo Demens memperbudak Homo Sapiens. Membawahkan inteligensi rasional pada kehendak binatang didalam dirinya.

 

 

 

tigapuluhdelapan

Manusia yang paling berpengaruh

 

Copyright © 1999-2007, InVirCom. All rights reserved.

 

Nabi Muhammad SAW menempati kedudukan nomor satu daftar manusia yang paling berpengaruh dalam panggung sejarah dunia, dihitung sampai sekarang. Hal ini dinyatakan oleh Michael H. Hart, seorang ahli astronomi dan ahli sejarah terkenal di Amerika Serikat dalam bukunya “The 100” yang terbit baru-baru Amerika Serikat. Menurut Michael Hart, Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling berpengaruh di antara milyaran penduduk dunia, karena ia adalah satu-satunya manusia yang berhasil secara luar biasa baik dalam kegiatan keagamaan maupun pemerintahan. Daftar nama 100 orang paling berpengaruh itu selengkapnya adalah :

 

1.

Nabi Muhammad SAW

51.

Umar bin Khatab

2.

Isaac Newton

52.

Asoka

3.

Nabi Isa

53.

Sam Augustine

4.

Buddha

54.

Max Planck

5.

Confucius

55.

John Calvin

6.

Saint Paul

56.

William Morton

7.

Thai Lun

57.

William Harvey

8.

Johan Gutemberg

58.

Antoine Becquerel

9.

Christopher Columbus

59.

Greger Mendel

10.

Albert Einstein

60.

Joseph Lister

11.

Karl Marx

61.

Nicholas August Otto

12.

Louis Pasteur

62.

Louis Daguerre

13.

Galileo Galilei

63.

Joseph Stalin

14.

Aristoteles

64.

Rene Descartes

15.

V.I. Lenin

65.

Julius Caesar

16.

Nabi Musa

66.

Francisco Pizarro

17.

Charles Darwin

67.

Hernando Cortes

18.

Chin Huang Ti

68.

Ratu Isabella I

19.

Agustus Caesar

69.

William the Congqueror

20.

Mao Tse-tung

70.

Thomas Jefferson

21.

Genghis Khan

71.

Jean Jacques Rousseau

22.

Euclid

72.

Edward Jenner

23.

Martin Luther

73.

Wilhelm Rontgen

24.

Nicolas Copernicus

74.

Johan Sebastian Bach

25.

James Watt

75.

Lau-tzu

26.

Constantine the Great

76.

Enrico Ferni

27.

George Washington

77.

Thomas Maltus

28.

Michael Faraday

78.

Francis Bacon

29.

James Clerk Maxwell

79.

Voltaire

30.

Orville dan Wilbur Wright

80.

John F. Kennedy

31.

Antoine Laurent Lavoisier

81.

Gregory Pincus

32.

Sigmund Freud

82.

Sui Wen Ti

33.

lskandar Zulkarnaen

83.

Mani (Manes)

34.

Napoleon Bonaparte

84.

Vasco da Gama

35.

Adolf Hitler

85.

Charlemagne

36.

William Shakespeare

86.

Cyrys the Great

37.

Adam Smith

87.

Leonard Euler

38.

Thomas Edison

88.

Nicollo Machiavelli

39.

Anton van Leuwenhoek

89.

Zoroaster

40.

Plato

90.

Menes

41.

Gugleilmo Marconi

91.

Peter the Great

42.

Ludwig van Beethoven

92.

Mencius

43,

Werner Heisenberg

93.

John Dalton

44.

Alexander G Bell

94.

Homer

45.

Alexander Fleming

95.

Ratu Elizabeth I

46.

Simon Bolivar

96.

Justinian I

47.

Oliver Cromwell

97.

Johannes Kepler

48.

John Locke

98.

Pablo Picasso

49.

Michelangelo

99.

Mahavira

50.

Pans Urban II

100.

Niels Bohr

 

 

 

tigapuluhsembilan

Perkembangan manusia

Menurut Filsafat Kejawen

Ki Reksa Bawana, 2007, Ketika Tuhan Bersatu Diri- Makna Spiritualitas Sejati Menurut Syekh  Siti Jenar, Penerbit Narasi, Yogyakarta

 

Paraning Dumadi digambarkan perjalanan hidup manusia di muka bumi dari lahir hingga maut menjemput :

Eka Padmasari : Mulai turunnya bakal hidup dari sari  bahan makanan

Dwi maratani :    Rata mengenai hati sanubari dan hasrat

Tri Kawula Busana :    Mulai pembentukan badan

Catur Wanara Rukem :     Memerlukan makan

Panca Sura Panggah :    Menginjak masa dewasa

Sad Guna Weweka :     Masa tua berhati-hati dalam bertindak

Hasta Kukila Warsa :    Masa tua bangka

Nawa Angga Lupa :    Nol, kosong, tidak berangan-angan, menungggu maut

 

 

 

 

 

empatpuluh

Negara Terbaik dalam Bidang Pendidikan
Sabtu, 01 Maret 08 – oleh :
arip nurahman

  dalam Website Kota Banjar  [somahna bagja di buana]   

 

Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki peringkat pertama di Dunia? Kalau Anda tidak tahu, tidak mengapa karena memang banyak yang tidak tahu bahwa negara yang menduduki peringkat pertama untuk kualitas pendidikan adalah Finlandia. Kualitas pendidikan di negara dengan ibukota Helsinki, dimana perjanjian damai Indonesia dengan GAM dirundingkan, ini memang begitu luar biasa sehingga membuat iri semua guru di seluruh dunia.

Peringkat 1 Dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD ). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika. Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan keunggulannya dalam pendidikan untuk anak-anak lemah mental (PLB). Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas. Lantas apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No. 1 Dunia? Dalam masalah anggaran pendidikan, Finlandia memang menganggarkan biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingk an rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan beberapa negara lainnya.

Finlandia tidaklah menggenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya, siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengan negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu. Bandingkan dengan Korea, ranking kedua setelah Finlandia, yang siswanya menghabiskan 50 jam perminggu.
Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan terbaik dari sekolah menengah biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk ke sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingannya ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan kualitas seadanya pula.

Dengan kualitas mahasiswa yang baik dan pendidikan serta pelatihan guru yang berkualitas tinggi tak salah jika kemudian mereka dapat menjadi guru-guru dengan kualitas yang tinggi pula. Dengan kompetensi tersebut mereka bebas untuk menggunakan metode kelas apapun yang mereka suka, dengan kurikulum yang mereka rancang sendiri, dan buku teks yang mereka pilih sendiri. Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan, mereka justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang menghancurkan tujuan belajar siswa. “Terlalu banyak testing membuat kita cenderung mengajarkan siswa, bagaimana cara untuk lolos ujian,” ungkap seorang guru di Finlandia. Padahal banyak aspek dalam pendidikan yang tidak bisa diukur dengan ujian. Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK! Ini membantu siswa belajar bertanggungjawab atas pekerjaan mereka sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia. Dan kalau mereka bertanggungjawab mereka akan bekerja dengan lebih bebas. Guru tidak harus selalu mengontrol mereka. Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. “Kita tidak belajar apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini guru tidak mengajar dengan metode ceramah,” Kata Tuomas Siltala, salah seorang siswa sekolah menengah. “Suasana sekolah sangat santai dan fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan dan belajar menjadi tidak menyenangkan,” sambungnya.

Siswa yang lambat akan mendapatkan dukungan intensif. Hal ini juga yang membuat Finlandia sukses. Berdasarkan penemuan PISA, sekolah-sekolah di Finlandia sangat kecil perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan yang buruk dan merupakan yang terbaik menurut OECD.

Remedial tidaklah dianggap sebagai tanda kegagalan tapi sebagai kesempatan untuk memperbaiki. Seorang guru yang bertugas menangani masalah belajar dan perilaku siswa membuat program individual bagi setiap siswa dengan penekanan tujuan-tujuan yang harus dicapai, umpamanya: Pertama, masuk kelas; kemudian datang tepat waktu; berikutnya , bawa buku, dlsb. Kalau mendapat PR siswa bahkan tidak perlu untuk menjawab dengan benar, yang penting mereka berusaha.

Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka. Menurut mereka, jika kita mengatakan “Kamu salah” pada siswa, maka hal tersebut malah akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Jadi tidak ada sistem ranking-rankingan. Setiap siswa diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing. Ranking-rankingan hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya. Kehebatan sistem pendidikan di Finlandia adalah gabungan antara kompetensi guru yang tinggi, kesabaran, toleransi dan komitmen pada keberhasilan melalui tanggung jawab pribadi. “Kalau saya gagal dalam mengajar seorang siswa,” kata seorang guru, “maka itu berarti ada yang tidak beres dengan pengajaran saya!” Benar-benar ucapan guru yang sangat bertanggungjawab.

 

 

empatsatu

BUDAYA BERBEDA

Suparlan  Parsudi (edit),1984, Manusia, Kebudayaan dan Lingkungannya, Penerbit CV Rajawali, Jakarta

 

Mengapa orang Cina tidak menyukai susu serta segala sesuatu  yang terbuat dari susu ? Mengapa orang Jepang bersedia mati  dengan cara banzai yang menurut orang Amerika perbuatan seperti itu nampaknya tidak masuk akal. Mengapa suku bangsa tertentu menelusuri garis keturunan mereka berdasarkan garis ayah, sedangkan yang lain menelusurinya berdasar garis ibu, dan yang lainnya berdasar kedua orang tuanya ? Jawaban yang  diberikan oleh para antropolog adalah  karena mereka dibesarkan dan hidup dengan  cara itu. Yaitu warisan sosial  yang diperoleh seseorang dari kelompoknya.

Bagi  wanita  Amerika sistem banyak istri  tampaknya secara instink dibenci mereka.  Ia tidak bisa mengerti kenapa seorang wanita tidak merasa cemburu dan merasa biasa saja  bila suaminya berbagi dengan istri lain.  Ia merasakan hal itu sebagai tidak alamiah. Sebaliknya wanita Koryak di Siberia, akan sangat sulit untuk mengerti bagaimana seorang wanita   bisa begitu serakah dan tidak memiliki rasa persahabatan sama sekali dengan wanita lain dengan membatasi suaminya hanya boleh memiliki satu istri.

Oleh krn itu sudah siapkah anda behadapan dan berinteraksi dengan sesuatu yang banyak berbeda dengan anda sendiri ?

 

 

empatdua

 

 Tempo 6 Agustus 2006 antara lain mengutip bahwa setiap hari lahir 75 ribu weblog  baru dikolong dunia (maya). Dunia rimba dari blog itu  melesat setelah sekurangnya muncul satu satu juta informasi setiap 24  jam, tentu tak semuanya kabar penting bagi dunia, dri cerita remeh-remeh sampai yang rahasia dan sangat penting begitu meluber bagi air bah

Smentara arus baru muncul, para Blogger mulai menulis seperti jurnalis. Merekapun ikut mengabarkan berbagai peristiwa apapun juga, bahasan-bahasan yang bersifat khusus seperti tsunami yang menghumbalangkan selatan P Jawa sudah memenuhi blogesphere beberapa sesaat sebelum TV menayangkannya  CNN pun tak jengahnya mengutip postinposting bloger Irak saat Amrik menginvasi negeri  itu

Sementara itu pula para pakar, dosen dan ilmuwan mulai menulis bahan kuliah, hasil seminar, hasil penelitian lewat blog pribadinya sehingga dapat diakses oleh para mahasiswanya.

Koran tanpa ketas itupun sedikitnya dilongok oleh 700 ribu pengunjung saban hari. Tak pelak lagi blog telah mengambil posisi memperluas jendela informasi bagi planet ini masihkah anda meragukan keberadaan blog ?

 

Empattiga

 

Hanya ASI yang mengandung DHA

 

Melalui iklan-iklan yang ditayangkan media televisi maupun  media cetak sejumlah produsen susu formula mengklaim bahwa produknya mengandung   zat utama yang dibutuhkan anak batita bawah tiga tahun. Mereka mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi susu buatan pabrik, anak akan tumbuh sehat berkembang dengan sempurna. Benarkah demikian ?

Sementara itu para dokter dan ahli gizi membantah pernyataan mereka. Para ahli berpendapat bahwa  zat-zat utama yang dibutuhkan bayi dan anak batita, hanya terkandung didalam ASI. Zat-zat seperti  docosa hexaaenoat (DHA)  yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak dan kecerdasan anak hingga saat ini tidak mungkin dibuat di pabrik. Zat itu hanya ada didalam ASI terutama yang  bisa didapat pada masa pemberian ASI esklusif. Masa ini biasanya saat bayi berusia  0 – 4  bulan, sehingga para ahli tidak merekomendasikan pemberian makanan dan minuman tambahan. Oleh karena itu badan Kesehatan Dunia WHO menetapkan bulan Agustus sebagai kampanye Pekan Pemberian ASI Ekskulsif.

Selain DHA ASI mengandung juga Omega 3 dan Omega 6 yang bisa merangsang pertumbuhan dan kecerdasan anak, zat-zat antibodi yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan antigen lainnya. Para Ahli berpendapat bahwa zat-zat itu tidak mungkin didapat pada susu formula  yang berasal dari susu murni sapi atau kambing sekalipun. Oleh karena itu pemberian ASI  Eksklusf  yaitu saat   usia bayi  0 – 4 bulan sangat dianjurkan dengan tidak memberikan makanan tambahan.

 

Wahjudi Djaja,SS, 2007,Mencetak Generasi Berkualitas, Penerbit Cempaka Putih, Klaten


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: